Bangancis.web.id - Menulis lamaran pekerjaan bagi sebagian orang itu sangat mudah. Namun menulis lamaran kerja yang khusus untuk dikirimkan via email ternyata masih membingungkan banyak orang.
Kalau untuk pekerjaan yang berada di sekitar lokasi mungkin kita bisa mengantarkan surat lamaran secara langsung.
Hanya saja ada sedikit perbedaan jika perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan mengharuskan kita melamar melalui email. Banyak orang yang masih belum tahu tata caranya.
Beberapa hal yang membingungkan saat menuliskan lamaran via email itu seperti subjek emailnya, apakah harus ada salam pembuka, belum lagi isi body email lamaran dan sebagainya.
Sebenarnya surat lamaran kerja baik langsung maupun lewat email intinya sama yakni kita melamar pekerjaan. Maka isi surat atau body emailnya harus jelas.
Karena itu ada beberapa hal yang perlu kita sampaikan dalam surat lamaran via email tersebut di antaranya:
- Alasan menulis lamaran kerja,
- Jenis pekerjaan yang dilamar,
- Apa kompetensi anda dengan posisi tersebut,
- Apa yang anda tawarkan pada perusahaan, dan
- Bagaimana langkah tindak lanjutnya atau bagaimna perusahaan menghubungi anda.
Nah, setelah mengetahui kisi-kisi yang diperlukan dalam membuat surat lamaran kerja, langkah selanjutnya Bang Ancis mencoba berbagi tips menulis lamaran kerja via email agar berhasil.
Untuk diketahui, dalam menulis email lamaran pekerjaan, tidak diperlukan kata-kata yang panjang. Cukup mengikuti pedoman baku dalam menulis seperti berikut:
Cara Penulisan Email Lamaran Pekerjaan
1. Baris Subjek Email Lamaran Kerja:
Mengingat perusahaan menerima lamaran dari banyak pelamar, maka coba anda mempermudah cara kerja mereka untuk memfilter email lamaran.
Sebaiknya anda mencantumkan nama lengkap dan posisi pekerjaan yang anda lamar di bagian Subjek.
Contoh subjek lamaran: Lesti Kejora - Posisi Manajer Sosial Media Flores Terkini.
2. Baris Salam Email Lamaran Kerja:
Ucapkan salam juga penting. Hal ini menunjukan jika kita memiliki etika dan juga itikad yang baik.
Anda bisa mengawalinya dengan "manajer yang terhormat" atau "Salam sejahtera" atau bisa menggunakan teknik yang sudah baku seperti Kepada Yth. dan seterusnya.
3. Baris Pertama Email Lamaran Kerja:
Paragraf ini menjadi paragraf penting karena kita akan menjelaskan alasan kita melamar.
Jelaskan juga di mana anda memperoleh informasi lowongan pekerjaan ini. Jika ada rujukan situs, bisa disebutkan di paragraf ini.
4. Baris Kedua atau Body Email Lamaran Kerja:
Paragraf ini tidak kalah penting dengan paragraf sebelumnya. Di sini menjadi tempat anda menawarkan diri pada posisi yang lowong.
Sertakan juga alasan mengapa anda merasa cocok dengan pekerjaan tersebut. Jelaskan secara lengkap dan disesuaikan kompetensi anda.
Bila perlu ungkapkan semua pekerjaan dan tanggung jawab anda di pekerjaan sebelumnya plus pencapaiannya.
Perlu diingat untuk tidak menyalin semua isi dari daftar riwayat hidup ke dalam paragraf ini.
5. Baris Penutup Email Lamaran Kerja:
Pada paragraf ini jangan lupa untuk mengucapkan terima kasihpada penerima karena telah membaca lamaran kerja anda.
Jangan lupa untuk menginformasikan lampiran-lampiran yang anda siapkan seperti curriculum vitae, fotocopy ijazah dan hal-hal pendukung lainnya.
Hal ini penting karena penerima bisa mempertimbangkan lamaran yang anda kirimkan tersebut.
6. Baris Penutup Email Lamaran Kerja
Baris penutup untuk semua jenis lamaran pekerjaan nyaris sama. Anda bisa menulis "Hormat kami" lalu diikuti dengan menulis nama, tanda tangan, nomor telepon dan alamat email.
Langkah terakhir, jangan lupa mengupload semua lampiran yang sudah anda siapkan. Terima kasih.
1 Komentar
-
Agus Warteg 19.6.21 Oh begitu cara melamar kerja lewat email, harus detil ya kang, pekerjaan apa yang diinginkan plus juga harus sopan.